5 Cara Murah Meriah Mengobati Gusi Bengkak Bernanah

Apakah Anda pernah merasakan gusi bengkak bernanah? jika ya maka Anda perlu mengetahui cara alami untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ulasannya

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah umum yang diderita masyarakat Indonesia. Penyebabnya biasanya dimulai dari kebiasaan buruk atau gaya hidup tak sehat.

Diketahui bahwa jarang menggosok gigi dan memeriksakan gigi secara teratur menjadi penyebab utama gigi berlubang, plak menumbuh dan mengakibatkan gusi membengkak dan kemudian bernanah.

Selain itu, kesalahan pemasangan aksesoris seperti behel juga menjadi penyebab lain timbulnya luka pada gusi lalu kemudian membengkak. Selain faktor teknis yang berkaitan dengan gaya hidup.

Pembengkakan gusi juga bisa diakibatkan adanya jamur atau virus yang bersarang di gigi dan gusi.

Anda yang menderita gusi bengkak tentu merasa tidak nyaman. Selain kesusahan untuk makan dan minum. Berbicara juga menjadi sangat kerepotan.

Bahkan jika gusi yang membengkak mendesak gigi dan membuat pipi terasa cembung.

Tentu membuat anda merasa tidak percaya diri ketika berbicara di hadapan umum, atau berbicara dengan lawan bicara di kantor anda.

Sebelum anda memutuskan mengunjungi dokter. Cobalah untuk menggunakan beberapa cara murah meriah berikut untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh gusi bengkak di dalam mulut anda:

1.Berkumur dengan air kelapa

Air kepala mengandung antiseptik alami yang berguna membasmi bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang dan gusi membengkak. Anda bisa membeli air kepala di warung-warung pinggir jalan dengan murah.

2.Berkumur dengan air jahe

Jahe mudah didapatkan dimanapun. Bahkan jika anda berada di kota-kota besar. Anda bisa mampir warung makan atau angkringan untuk memesan minuman jahe. Namun jika tidak ada, anda bisa mulai mengggerus atau memarut jahe.

Kemudian diseduh dengan air hangat untuk digunakan berkumur-kumur. Jahe mengandung antibakteri yang berguna untuk membasmi bakteri di dalam mulut.

3.Menempelkan bawang merah atau bawang putih pada gigi

Bawang merah dan bawang putih mempunyai kandungan antiseptik yang mampu melawan kuman penyakit. Tumbuklah bawang merah atau bawang putih dengan sedikit garam.

Lalu tempelkan pada gigi yang berlubang dan gusi yang membengkak. Bawang merah dan bawang putih sendiri merupakan bahan yang mudah didapat di pasar-pasar tradisional.

4.Menggunakan daun jambu biji atau belimbing wuluh

Daun jambu biji dan belimbing wuluh sangat mudah didapat di pekarangan rumah.

Atau anda bisa membelinya di pasar tradisional dengan murah. Jambu biji dan belimbing wuluh mempunyai kandungan antibakteri yang bisa mengempeskan pembengkakan gusi.

Caranya dengan mencuci bersih daun jambu biji atau belimbing wuluh. Kemudian bisa dikunyah-kunyah atau ditempelkan di gigi yang berlubang dan gusi yang membengkak serta bernanah.

5.Menggunakan jeruk nipis, lemon atau air garam

Ketiga bahan di atas ini sangat mudah didapat. Anda tentunya memilikinya di lemari es rumah anda bukan? Jeruk nipis atau lemon bisa diperas dan kemudian dicampur dengan air hangat.

Lalu digunakan berkumur-kumur secara rutin. Selain jeruk nipis dan lemon, anda bisa menggunakan garam di rumah dengan dicampur segelas air hangat.

Prosesnya sama untuk berkumur-kumur secara teratur. Ketika anda berkumur dengan air garam atau jeruk akan terasa sakit. Hal demikian memang wajar karena luka akan terasa sakit ketika bertemu dengan air garam atau air jeruk.

Namun kandungan antiseptik dan antibakterinya mampu mengurangi infeksi nanah yang terjadi di pembengkakan gusi.

Lima macam bahan-bahan yang disampaikan tadi tentunya murah meriah. Serta tidak membuat kantong anda bolong bukan

Cobalah untuk rutin memberikan terapi bahan-bahan alami di atas selama seminggu.

Jika ternyata selama seminggu anda belum merasakan hal yang lebih baik. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di kemudian harinya.

Selain itu, pastikan gusi bengkak bernanah anda tetap terawat kebersihannya selama mencoba bahan-bahan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.