Mengapa Memilih Sekolah di Norwegia? Ini Alasannya

Bingung pilih-pilih negara untuk melanjutkan studi? Cobalah untuk memilih sekolah di Norwegia. Ada berbagai macam keuntungan yang didapatkan

Norwegia merupakan salah satu negara Skandinavia yang memiliki pemikiran maju. Terkenal juga sebagai negara para Viking dan sejarah yang sangat menakjubkan. 

Keadaan alam dari negara ini sangat indah dengan adanya fyord dan fenomena alam terkenal yaitu Aurora atau Northern Light. Jika dilihat dari segi pendidikan, Norwegia memiliki reputasi penelitian yang sangat maju dan tepat sebagai rumah mahasiswa internasional. 

Banyak yang masih bertanya mengapa harus memilih Norwegia sebagai tempat melanjutkan studi, seperti dikutip web Studiva.com

Mengapa tidak memilih Amerika atau Inggris? Berbeda dengan negara lainnya, Norwegia memiliki pendidikan yang berkualitas tinggi dan sangat progresif. Banyaknya institusi negeri dan swasta didirikan mengikuti sistem Bologna. Dimana setiap mahasiswa bisa mendapatkan gelar S1 hingga S3. 

Hingga kini terdapat 4 universitas Norwegia yang masuk ke dalam 500 besar dari QS World Ranking. Universitas yang mendapatkan peringkat tertinggi adalah Universitas Oslo yaitu di rangking 135.

Kemudian disusul oleh University Bergen di peringkat 171. Tidak hanya pendidikannya yang berkualitas, pemandangan negara ini juga sangat indah menjadi tempat terbaik untuk belajar. 

Berapa Biaya Hidup Selama Studi di Norwegia?

Perguruan tinggi negeri di Norwegia tidak menuntut biaya bagi semua mahasiswa. Tergantung dengan jurusan yang kamu pilih, biaya yang dibebankan hanyalah untuk administrasi sesuai kebutuhan masing-masing. Jumlahnya pun tidak banyak yaitu sekitar 300 hingga 600 NOK saja. 

Biaya tersebut digunakan untuk mendapatkan asuransi kesehatan, konseling, biaya olahraga, dan ekstrakurikuler lainnya. 

Tidak hanya itu saja, sebagai mahasiswa di Norwegia kamu juga akan mendapatkan potongan biaya untuk transportasi dan diskon ketika mengunjungi museum.

Namun jika kamu berencana untuk masuk ke sekolah swasta maka biaya gratis tidak berlaku. Maka kamu harus membayar sekolah per semesternya dan cukup mahal serta berbeda di masing-masing universitas. 

Biaya hidup di kota besar tentu lebih mahal dibandingkan kota kecil. Biasanya mahasiswa internasional dapat meminta pinjaman khusus untuk menutup biaya selama tinggal di sana. Rata-rata biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 9.500 hingga 20.000 NOK per bulannya.

Biaya tambahan bisa juga kamu dapatkan dengan bekerja paruh waktu. Namun perlu siapkan terlebih dahulu izin untuk bekerja sebelumnya. Jam kerja yang diperbolehkan adalah 20 jam setiap minggunya.  

Bahasa yang Digunakan saat Studi

Negara Norwegia memiliki dua jenis bahasa resmi pertama adalah bahasa Norwegia asli dengan berbagai dialek seperti Bokmål dan Nynorsk.

Bahasa yang kedua adalah Sami dengan dialek yang lebih luas seperti Norther, Lule dan Southern. Ada juga bahasa yang beberapa digunakan yaitu Kven, Romani dan Romanes.

Bagi para mahasiswa internasional biasanya bahasa yang digunakan adalah Norwegia dan Inggris. Mayoritas masyarakat Norwegia juga sangat fasih berbahasa Inggris,

jadi tidak masalah jika kamu melamar dengan kemampuan bahasa Inggris saja. Selama tinggal di Norwegia kamu secara tidak langsung akan mempelajari bahasa mereka jadi tetap santai dan terus belajar. 

Visa Pelajar yang Dibutuhkan

Semua pelajar yang ingin melanjutkan studi harus memiliki visa yang merupakan izin untuk masuk dan tinggal dengan jangka waktu tertentu.

Bisa ini harus diurus sesegera mungkin setelah mendapatkan pernyataan diterima di universitas. Visa harus selesai sebelum berangkat menuju Norwegia. 

Selain visa satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan adalah asuransi kesehatan. Asuransi sangatlah penting khususnya bagi mahasiswa internasional.

Pastikan kartu asuransi kesehatan dimiliki jika tidak maka kemungkinan untuk melanjutkan studi akan ditolak oleh pemerintah Norwegia. Jadi persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan masa studi akan menjadi lebih mudah. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.