Mencegah Air Ketuban Rembes

Waktu hamil pertama, saya (28) sempat mengalami ketuban pecah dini, lalu melahirkan sesar. Hamil kedua saya keguguran umur 6 bulan karena air ketuban rembes. Pertanyaan saya, tes atau pengobatan apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah air ketuban rembes lagi? Karena saya takut keguguran lagi. Terima kasih atas jawaban dokter judi.

Baca juga : kerja di Jerman

Tabitha Mandala – Bandung Ketuban pecah dini sering disebabkan oleh infeksi, umumnya kuman dari vagina yang naik ke rongga rahim, atau kuman dari saluran kemih, atau kuman dari infeksi rongga mulut (misalnya gigi berlubang). Setiap ibu hamil saat pertama periksa wajib melakukan pemeriksaan apakah ada kuman dari vaginanya. Pemeriksaan sediaan basah dapat mendeteksi infeksi jamur dan bacterial vaginosis. Sedangkan uji kepekaan obat dapat menentukan obat apa yang masih sensitif terhadap kuman tersebut.

Akibat ketuban pecah terjadi persalinan kurang bulan (preterm) yang memiliki masalah jangka pendek dan jangka panjang karena memerlukan perawatan khusus. Oleh karena itu, pencegahan jauh lebih penting dari mengobati. Lakukan konseling prahamil, atasi penyakit yang ada, setop merokok, dan jangan gunakan narkotika. Selain itu Ibu juga perlu memelakukan pemeriksaan Pap’s smear, USG transvaginal dan analisis sperma suami.

Pemeriksaan Pap’s smear untuk deteksi dini kerusakan mulut rahim (serviks uteri) akibat virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks uteri. USG transvaginal penting untuk menilai rahim, rongga rahim, indung telur, dan keadaan rongga panggul. Analisis sperma untuk mencari apakah ada kelainan bentuk, jumlah, atau pergerakan sperma. Semua kelainan di atas dapat menyebabkan persalinan kurang bulan, khususnya akibat ketuban pecah karena infeksi organ kandungan. Terima kasih atas pertanyaannya.

Syafri Osnita Birthing Ball Kegiatan Multifungsi

Memasuki trimester 3 banyak ibu hamil mengeluh sakit pinggang atau sulit duduk dengan nyaman. Melalui olahraga birthing ball, saya bisa mengatasi semua permasalahan itu. Birthing ball merupakan salah satu alat bebentuk balon yang berfungsi membantu memperlancar proses persalinan. Alat ini pun dapat membantu ibu hamil duduk secara tegak dan nyaman. Biasanya saya melakukan birthing ball di pagi hari, karena udaranya masih segar. Menginjak usia 35 minggu, saya semakin sulit menemukan tempat duduk yang nyaman, untung ada birthing ball penuh multifungsi.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *