Syarat Botol Susu Yang Aman Bag2

Botol plastik itu termasuk aman karena terbuat dari bahan polypropylene atau polyethylene. Bahan tersebut diketahui tak bisa melarutkan karsinogen atau zat penyebab kanker. Mudah dibersihkan. Pilihlah botol susu yang mudah dibersihkan. Jadikan, kebersihan dan kehigienisan botol susu sebagai prioritas, karena akan menunjang kesehatan si kecil. Sesuaikan ukuran botol.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Sewaktu Mama membeli botol susu, jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk range usia yang terdapat pada kemasan. Pilih juga ukuran botolnya. Sesuaikan ukuran botol dan kebutuhan bayi, apakah cukup yang berukuran kecil (30-50 ml), sedang (120 ml), atau besar (di atas 200 ml). Pilih botol dengan tanda “food grade” dan “recycle”. Botol dengan tanda “recycle” dapat digunakan lagi, jadi akan mengurangi sampah plastik. Sementara “food grade” adalah istilah golongan material yang layak digunakan untuk perlengkapan makan.

Ini berarti botol susu ‘food grade” tidak akan mentransfer zat-zat berbahaya atau beracun ke dalam makanan/minuman bayi. JAGA KEBERSIHAN BOTOL Kita telah sepakat ya Ma, untuk selalu memprioritaskan kebersihan dan kehigienisan botol bayi. Menjaga kebersihan peralatan bayi sangat penting mengingat pada tahun pertama usianya, bayi sangat rentan terhadap penyakit. Kekebalan tubuhnya tidak bisa disamakan dengan orang dewasa, jadi beberapa mikroorganisme seperti virus, parasit, dan bakteri bisa berkumpul pada peralatan bayi yang tak steril.

Peralatan bayi yang sering bersentuhan langsung dengan mulut bayi ialah botol susu. Ada beberapa cara mensterilkan botol susu bayi yang sudah dicuci bersih, yaitu: 1. Metode Perebusan Sekali lagi, perhatikan jenis plastik botol bayi saat ingin merebusnya. Ingat, botol berbahan polikarbonat (PC) akan melepaskan residu senyawa kimia apabila direbus. Jika bahan botol susu sudah dipastikan memang aman, saat akan direbus, sediakan panci besar dengan penutupnya.

Isi panci dengan air secukupnya sampai botol susu dalam posisi “tenggelam”, lalu tutup panci dan didihkan selama 10 menit. 2. Mengunakan Microwave Umumnya hanya dibutuhkan waktu 90 detik untuk mensterilkan botol susu dengan microwave. Jangan menutup botol susu saat proses sterilisasi, karena dapat terjadi tekanan panas di dalamnya. Keuntungan utama cara sterilisasi ini adalah tidak ada bau dan rasa tersisa.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *