Hamil Kembar Sehat Dan Aman Bag2

Hal ini tentu akan berisiko bayi beratnya kecil, selain juga risiko lahir lebih cepat atau prematur karena kapasitas rahim lebih cepat mencapai maksimal. Untuk kehamilan lebih dari dua janin tentu memiliki risiko lebih banyak lagi. Mengapa? Pasalnya, rahim yang tak mampu menampung berat janin (lebih dari dua) menyebabkan terjadinya proses persalinan prematur.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Oleh karena itu, pada kehamilan kembar, standar harapan lahir per bayi di atas 1.800 g dengan umur kehamilan di atas 34 minggu sudah sangat bagus dan kemungkinan hidup sudah tinggi. Akan tetapi, bukan berarti risiko bayi lahir prematur selalu terjadi pada kehamilan kembar. Enggak selalu, kok, Ma. Bahkan, ada juga kehamilan kembar yang mencapai umur kehamilan 40 minggu saat persalinan. Satu penelitian pada 2009 menyebutkan, sebanyak 11,4% kembar lahir sangat prematur sebelum usia kehamilan 32 minggu dan lebih dari separuh (58%) lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu.

 

Bila dibandingkan dengan kehamilan tunggal yang hanya 10% lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu dan kurang dari 2% lahir sebelum usia kehamilan 32 minggu. Rata-rata umur kehamilan kembar adalah 35,3 minggu. Selain itu, anggapan bahwa kehamilan kembar berakhir melalui operasi sesar, juga tidak sepenuhnya benar. Kadang, pikiran kita telah terdogma apabila hamil kembar maka dari itu wajib sesar. Hal tersebut sama sekali salah karena janin kembar bisa dilahirkan normal.

Hanya, ada beberapa syarat dan catatan yang wajib dipenuhi. Syarat utamanya yaitu janin pertama yang akan keluar adalah yang posisi kepalanya terendah atau kepala terlebih dahulu; tidak ada kelainan dempet; janin kedua ukurannya masih imbang dengan janin pertama; tidak ada hambatan di jalan lahir; dan rahim tak ada ancaman robek. Selain itu, yang juga penting adalah Mama dan keluarga mantap keinginannya untuk melahirkan normal. Hawwa dan Hayaa, kedua putri kembar Yossi, meski lahir prematur dengan berat lahir rendah (1,5 kg dan 1,34 kg), namun keduanya lahir melalui persalinan normal.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *