Pindahkan WhatsApp ke Komputer

Seorang karyawati ngomel gara-gara tak bisa WhatsApp-an di tengah kerja. Ponsel musti disimpan, tak ada chatingan. Yang terjadi ia pun pindah ke Yahoo Messenger. Biar dianggap katro, yang penting tetap (keep) chat. WhatsApp Inc. kini melebarkan platform. Tak cuma bisa ketakketik di ponsel. Kini bisa pula lewat komputer. Hmm… si mbak karyawati bakal nyaman tuh. Asal jangan kebablasan saja. Lupa waktu, chatting melulu. Salah satu alasan lebarkan platform tidak lain adalah agar penggunaan Google Chrome, mesin browser bikinan Google tinggi pemakaian. Berikut ini cara penggunaannya.

Pindahkan WhatsApp ke Komputer
  1. Aktifkan Smartphone Kami contohkan dengan memakai BlackBerry OS 10 (up date dengan versi terakhir). Masuk ke WhatsApp, lalu swipe dari layar atas ke bawah. Temukan menu
  2. Informasi Scan QR Anda akan diberi informasi penggunaan. Di mana harus melakukan scan (menggunakan kamera) QR Code yang akan tertera di layar komputer.
  3. Masuk ke Web (Via Komputer) Siapkan komputer/laptop, gunakan Google Chrome. Lalu ketik https://web.whatsapp. com/, pada layar komputer akan tampil QR Code yang dapat discan dengan menggunakan smartphone.
  4. Scan QR Code Dekatkan samrtphone ke layar komputer. Lalu scan QR Code yang tertera. Tunggu beberapa saat untuk membaca. Biasanya makan waktu sekitar 3 – 5 detik.
  5. Tampilan WA di Komputer Beginilah tampilan WA Anda di layar komputer. Tertera informasi “Keep Your Phone Connected”, artinya WA di komputer hanya bisa berjalan jika terhubung terus ke smartphone Anda. Jadi jangan sampai kehabisan baterai.
  6. Mulai Chat Silakan pilih rekan atau grup untuk ngobrol. Harap diketahui bahwa WA on Web adalah berbasis web, tidak seperti Yahoo Messenger atau MSN yang dapat ditarik jadi opsi chat. Sehingga Anda tetap harus mengaktifkan Google Chrome.
  7. Zoom Foto Jika ada kiriman foto Anda juga dapat melihat dengan melakukan pembesaran. Atau juga bisa segera Anda save ke memori komputer. Setiap percakapan yang Anda ketik di komputer secara otomatis akan termuat pula di WA smartphone Anda.
  8. Kirim File Foto/ Video Jika ingin mengirimkan file foto atau video, klik tanda Klip (kanan atas, lihat panah hijau). Kemudian pilih file yang tersimpan di komputer Anda. Namun harap diperhatikan ukuran file. Semakin besar semakin lama ter-upload.
  9. Buka Video Jika ada kiriman video, cukup tap video, maka di layar komputer akan tampil seperti gambar ini. Klik tanda pembesaran video (lihat lingkaran hijau). Maka video akan memenuhi seukuran layar komputer Anda.
  10. Emoticon WA Anda juga bisa menggunakan emoticon yang tersedia di WhatsApp. Jenis-jenisnya sama dengan yang tersedia pada versi smartphone.
  11. Notifikasi dan LogOff Untuk memastikan ada notifikasi chatting, pilih Notifikasi. Selain itu, jika Anda selesai melakukan pembicaraan sebaiknya lakukan Logout. Hal ini perlu dilakukan biar akun Anda tak digunakan oleh orang lain, yang kebetulan memakai komputer yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *