Dinding Kering Tidak Sempurna

Ruang yang lembap juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada struktur. Menurut Yance, jika jarak antara proses plester dan aci terlalu cepat, maksudnya plester belum kering sempurna tapi langsung diaci, biasanya akan timbul “ompol” pada dinding. “Mau dicat berapa kali pun dinding itu pasti akan tetap ngompol,” kata Yance berbagi pengalaman.

Baca juga : Jasa Renovasi Rumah Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik

“Kalau sudah terlanjur seperti itu maka treatment atau penanggulangannya adalah dinding dinormalkan atau dialkali dulu baru dicat,” ujarnya menambahkan. Maksudnya, acian atau bahkan plesteran dikerok lagi agar bata di dalamnya kering sempurna, baru dicat. Jika perlu, lapiskan waterproofng dulu sebelum dinding dicat.

Alat Penghalau Lembap

Kadang, walaupun struktur Anda sudah sangat baik, kelembapan udara yang tnggi pada sebuah ruang masih dapat tercipta. Misalnya karena pengaruh udara sekitar yang lembap, sepert yang terjadi akhir-akhir ini. Anda bisa memanfaatkan alat yang dibuat untuk mengatasi masalah kelembapan ruang. Air Purifier Air Purifer adalah alat pemurni udara.

Salah satu merek air purifer adalah Sharp. Alat ini memiliki tga kemampuan, yakni: menjaga udara di ruangan agar selalu bersih dan steril karena dilengkapi dengan ion plasmacluster, flter, dan fungsi humidifer. Adanya fungsi humidifer inilah yang menyeimbangkan kelembapan ruangan dalam batas normal, yaitu di angka 40% – 60% RH. Dengan kondisi kelembapan yang terjaga dalam batas ukuran tersebut maka virus, bakteri, dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan dapat teratasi. Dry Gel Terbuat dari butran-butran karbon aktf (arang), calcium clorida, bentonite atau tanah liat dry gel ini menyerap kadar air dan bau di dalam ruang.

“Dry gel tdak berbau atau menghasilkan zat kimia berbahaya sepert pewangi,” ucap Albert Evan Tjahyadi, pemilik produk Topdrygel, salah satu merek dry gel. Satu unitnya efektf untuk ruang kecil dan tertutup, maksimal ukuran 3 x 4m dengan posisi setnggi kepala orang. Produk ini bisa dipakai hingga 3 bulan, tergantung tngkat kelembapan udara. Jika dry gel ini cepat berubah menjadi gel, artnya tngkat kelembapan di ruangan tersebut cukup tnggi.

Poisi Bukaan

Rumah yang sehat tentu memiliki jalur sirkulasi udara yang baik dengan bukaan yang cukup dan benar. Contohnya, jika di bagian depan rumah terdapat jendela, maka posisi void yang ideal adalah di bagian belakang rumah sehingga terjadi aliran udara. Pada sebuah ruang, pintu dan jendela yang posisinya berhadap-hadapan merupakan contoh posisi yang salah karena udara tidak “berbelok”. Yang benar, posisi pintu dan jendela posisinya dibuat tidak sejajar atau saling bersilangan sehingga udara berbelok dan mengalir mengisi ruang. Adanya bukaan juga akan memudahkan cahaya matahari masuk dan menghalau lembap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *